Package Diagram

  1. Pengertian Package Diagram

 

Package Diagram (diagram paket) adalah sekelompok elemen-elemen model. sebuah paket dapat berisi elemen-elemen model yang berlainan, termasuk paket-paket untuk menciptakan/menggambarkan sifat hiraki. sebuah paket diberi nama yang menggambarkan isinya. oleh karena itu package dapat digunakan untuk beberapa keperluan dan kebutuhan.

 

  1. Simbol-Simbol Package Diagram

index

 

  1. Contoh Package Diagram

Package-Diagram-UML.jpeg

Fungsi Package Diagram
Memperlihatkan bagaimana elemen model diorganisasikan/dikelompokkan ke dalam packages Biasanya dipakai pada use case diagram atau class diagram
Packages digambarkan sebagai sebuah direktori (file folders) yang berisi model-model elemen Packages dapat diterapkan pada sembarang diagram UML
Walaupun package secara resmi bukanlah diagram UML, namun kegunaannya cukup signifikan
Contoh package penjualan menggambarkan use case penjualan. Salah satu manfaat package adalah kemampuannya untuk digunakan pada component lainnya. Dalam menggunakan package sistem lain dikenal dua istilah yaitu:
1. Import Package: Meminjam package lain yang bertipe public.
2. Access Package: seperti import hanya saja tipe package berubah menjadi private.
Import dilukiskan dengan garis putus-putus dengan panah menunjuk pada package induk (si pemilik kelas) dengan tulisan “import” dekat garis putus-putus tersebut. Sedangkan access dengan cara yang sama, hanya saja tulisan “import” diganti dengan “access”.

 

Referensi:

http://diagram-uml.blogspot.com/2012/09/package-diagram.html

http://power.lecture.ub.ac.id/files/2014/11/class-diagram.pdf

http://dian-indrian.blogspot.com/2013/06/package-diagram.html

 

 

 


Tinggalkan komentar